Minggu, 01 Oktober 2017

Terjemah Ta'lim Muta'allim Apk Download

ta'lim muta'allim


DOWNLOAD

download

Pengertian Kitab Ta’limul Muta’allim

Kitab Ta’limul Muta’allim adalah salah satu Kitab klasik yang dikarang oleh Syeh Al-Zarnuji kurang lebih pada abad VI Hijriyah. Yaitu zaman kemerosotan dan kemunduran Daulah Bani Abasiyah atau periode kedua Dinasti Abasiyah sekitar tahun 296-656 H.

Dalam Al-Mausu’ah disebutkan bahwa Imam Zarnuji nama lengkapnya adalah Burhanuddin Al-Zarnuji (Nu’man bin Ibrahim), seorang ahli bahasa dari Bukhara, wafat tahun 1242 H, mempunyai karangan Kitab Al-Muwadhah “Syarah Kitab Maqamat”, karangan Al-Nariri. Dan yang terkenal dengan Kitabnya “Ta’limul Muta’allim Thariq Al-Ta’allum” yang telah diterjemahkan dalam bahasa Latin sekitar tahun 1200.

Kitab ini menurut pengarangnya sendiri diberi nama “Ta’limul Muta’allim Thariq Al-Ta’allum” yang mempunyai pengertian bahwa Kitab ini merupakan bimbingan terhadap santri atau siswa dalam belajar atau menuntut ilmu.

Pada pokoknya Kitab Ta’limul Muta’allim mempunyai pengertian sebuah kitab yang memberikan bimbingan kepada siswa dalam proses menuntut ilmu agar ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat atau dengan kata lain berhasil atau berguna.

Kandungan Kitab Ta’limul Muta’allim

Kitab Ta’limul Muta’allim ini pada abad XIV M, yaitu pada masa pemerintahan Murad Khan bin Salim Khan, pernah dicintai dan digemari oleh para siswa yang hidup pada masa itu[3]. Selain tata bahasanya yang santun dan indah, Kitab ini juga memiliki kandungan makna yang spektakuler dan signifikan. Oleh karena itu wajarlah kalau Kitab ini menjadi buku pegangan dan pedoman bagi para siswa (pelajar) dan para siswa pada masa itu. Kini Kitab Ta’limul Muta’allim dipelajari dan dijadikan pegangan serta pedoman oleh para pencari ilmu (pelajar) diseluruh belahan dunia.

Daftar Isi

Ilmu, Fiqih & Keutamaanya
- Niat di waktu belajar
- Memilih Ilmu, Guru, Teman & Ketabahan berilmu
- Mengagungkan ILmu & Ahli Guru
- Sungguh Sungguh Bercita Cita Luhur
- Ukuran belajar & tata tertibnya
- Bertawakal
- Waktu dalam masa belajar
- Kasih sayang dan nasehat
- Mengambil pelajaran
- Mengambil pelajaran
- Tentang mudah menghafal & lupa
- Mendatangkan Rizki dan Menjauhkan

2 komentar


EmoticonEmoticon